Headlines News :
Home » » Mengapa Disebut Hari Tarwiyah?

Mengapa Disebut Hari Tarwiyah?

Written By Unknown on Minggu, 28 September 2014 | 00.25

Sebagian orang bertanya-tanya, mengapa tanggal 8 Dzulhijjah disebut dengan istilah hari Tarwiyah, dan puasa pada hari itu disebut puasa Tarwiyah?

Untuk memahami hal itu, ada baiknya kita ketahui dulu arti kata “tarwiyyah” (تروية) itu sendiri. Dalam bahasa Arab, “tarwiyyah”  berasal dari fi’il rowa-yarwi (روى) yang memiliki sejumlah arti, di antaranya (1). menceritakan, meriwayatkan, mengisahkan, menarasikan; (2). memancarkan, melewatkan, mengantarkan; (3). mengairi, memberi minum. 

Dalam kitab Al-Mughni (3/249), Imam Ibnu Qudamah menjelaskan apa sebab dinamakan hari ke-8 bulan Dzulhijjah itu disebut hari Tarwiyyah. Setidaknya, menurut beliau, ada dua alasannya: 

Pertama:
Pada hari ke-8 itu para haji setelah berihrom, mereka menuju Mina untuk bermalam yang keesokan harinya mereka menuju Arafah. Nah. ketika di Mina itu para haji (seperti yang dikatakan Ibnu Qudamah) menyiapkan air sebagai bekal untuk berwukuf di padang Arafah keesokan harinya. Menyiapkan air itu diistilahkan dengan Yatarawwauna (يتروون). Karena inilah hari ke-8 itu dinamakan hari Tarwiyyah. Karena kata Yatarowwauna (يتروون) itu mempunyai asal kata yang sama dengan Tarwiyyah.

Kedua:
Pada malam hari Tarwiyah itu Nabi Ibrahim as mendapatkan mimpi pertama kali dari Allah untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail as. Ketika mendapat mimpi itu, diriwayatkan bahwa beliau as “bertanya-tanya” kepada dirinya apakah itu mimpi dari Allah atau dari setan? “Bertanya-tanya” itu diistilahkan dengan bahasa “Yurawwi” (يروي) dan itulah alasannya mengapa dinamakan hari itu sebagai hari Tarwiyyah.


Dan ketika mimpi itu datang untuk kedua kalinya di malam hari Arafah, Nabi Ibrahim akhirnya yakin kalau khabar itu berasal dari Allah swt. Dan yakin berarti adanya pengetahuan, pengetahuan dalam bahasa Arab disebut dengan kata “Arafa” (عرف). Karena itulah hari ke-9 dinamakan hari Arofah (عرفة).


Wallahu A’lam
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PILIH KATEGORI BUKU

ZAHIDA PUSTAKA ON FACEBOOK

 
Support : Creating Website | Zahida Pustaka | Zahida Pustaka
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Zahida Pustaka - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Zahida Pustaka